Pengertian
Pemasangan kirbat es adalah suatu cara untuk mengurangi nyeri dan peregangan otot dengan memberikan kompres dingin kering menggunakan kirbat es
Jenis Kirbat es
1. Kirbat es biasa
Untuk pasien perdarahan hebat dan nyeri
2. Kirbat es leher
Untuk pasien pasca bedah tonsilektomi,dll
3. Kirbat es gantung
adalah memberikan kompres dingin secara tidak langsung di atas tubuh yang memerlukan. Untuk pasien dengan perdarahan usus (dalam rongga perut), sakit kepala yang berat
Tujuan tindakan:
1. Mencegah peradangan meluas
2. Mengurangi kongesti
3. Mengurangi perdarahan setempat
4. Mengurangi nyeri setempat
Indikasi
Kirbat es diberikan untuk pasien:
1. Hemoptoe dan hematemesis
2. Pasca tonsilektomi
3. Radang
4. Memar
Kontraindikasi
Kirbat es tidak boleh untuk pasien:
1. Luka terbuka dengan meningkatkan kerusakan jaringan karena mengurangi aliran ke luka terbuka
2. Gangguan sirkulasi. Dingin dapat mengganggu nutrisi jaringan lebih lanjut dan menyebabkan kerusakan jaringan. Pada klien dengan penyakit raynaud, dingin akan meningkatkan spasme arteri
3.. Alergi atau hipersensitivitas terhadap dingin. Beberapa klien memiliki alergi terhadap dingin yang dimanisfestasikan dengan respon inflamasi (mis, eritema, bengkak, nyeri sendi, dan kadang-kadang spasme otot), yang dapat membahayakan jika orang tersebut hipersensitif.
Hal-hal yang perlu diperhatikan :
- Bila klien kedinginan atau sianosis, kirbat es harus segera diangkat
- Selama pemberian kirbat es, perhatikan kult klien terhadap keberadaan iritasi dan lain-lain
- Bila tdak ada kirbat es bisa menggunakan kantong plastik
- Bila es dalam kirbat es sudah mencair harus segera diganti (bila perlu)
CHECK LIST OBSERVASI
MEMASANG KIRBAT ES
NO
|
Komponen
Penilaian
|
Pelaksanaan
|
Bobot
|
Ket
|
|||||
B
|
S
|
B
|
S
|
B
|
S
|
||||
A
|
Persiapan Alat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
B
|
PELAKSANAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pra Interaksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Mengidentifikasi
kebutuhan/ indikasi pasien
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
2
|
Siapkan alat
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
3
|
Cuci tangan
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
|
Tahap Orientasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Berikan
salam
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
2
|
Memperkenalkan diri
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
3
|
Menjelaskan tujuan dan prosedur
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
4
|
Menjelaskan
kontrak waktu
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
5
|
Menanyakan
persetujuan tindakan
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
6
|
Berikan kesempatan pasien untuk bertanya sebelum sebelum tindakan
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
|
Tahap Kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Memakai APD : handscoon, masker
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
2
|
Menjaga
privasi
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
3
|
Mengatur
posisi pasien senyaman mungkin
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
4
|
Memeriksa
kirbat es bocor atau tidak dengan memasukkan air ke dalam kirbat es
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
5
|
Memasukkan
potongan es ke dalam kom air supaya pinggir es tidak tajam
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
6
|
Mengisi
kirbat es dengan potongan es sebanyak ± setengah bagian dari kirbat tersebut
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Mengeluarkan
udara dari kirbat es/ eskap dengan melipat bagian yang kosong, lalu ditutup
rapat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Mengeringkan
kirbat es dengan lap kerja agar tidak basah, lalu bungkus dengan sarung
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
9
|
Meletakkan
pengalas di bawah daerah yang akan dipasang kirbat es
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
10
|
Meletakkan
kirbat es pada bagian tubuh yang akan dikompres dengan posisi kirbat es
bagian atas mengarah keluar tempat tidur
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
11
|
Mengobservasi
reaksi yang timbul pada klien, misalnya iritasi kulit, nyeri, mati rasa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Mengangkat
kirbat es bila sudah selesai/ tidak dibutuhkan lagi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tahap Terminasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Evaluasi respon klien
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
2
|
Rapihkan alat
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
3
|
Pamitan pada klien
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
4
|
Melepas handsoon, masker kemudian cuci tangan
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
5
|
Melakukan pencatatan dan melaporkan hasil tindakan pada
perawat
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
|
Sikap Kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Berhati-hati
dan teliti
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
2
|
Tidak
tergesa-gesa
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
3
|
Ramah dan
sopan terhadap pasien
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
4
|
Peka dan
menjaga privasi pasien
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
5
|
Bekerja
dengan cermat dan rapi
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
Tanggal:
|
|
Nilai
|
|
Pembimbing
|
|
Siswa
|
|
NILAI CEKLIST = Jumlah tindakan yg dilakukan
(YA) X 100
32
=
NILAI PRETEST/
RESPONSI = (nilai dalam puluhan)
=
NILAI TOTAL SPO =
NILAI CEKLIST + NILAI RESPONSI
2
Daftar PustakaLestari, Hernida D. 2016. Guru Pembelajar Modul Guru Produktif Keperawatan. Depok: Kemendikbud
Rosyidi, Kholid. 2013. Prosedur Praktik Keperawatan Jilid 1. Jakarta: TIM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar